Jenis-Jenis Firewall yang Dapat Melindungi Jaringan Komputer



Jenis-Jenis Firewall yang Dapat Melindungi Jaringan Komputer - Dalam dunia ceyber security kamu akan mendapati yang namanya firewall. Nah apa sih yang di maksud dengan firewall itu? Firewall berfungsi untuk menyarig setiap paket jaringan dan juga memblokir jarigan yang berbahaya, nah sudah taukan apa yang di maksud dengan firewall.

Firewall memiliki banyak jenis dan kegunaannya yang berbeda, jenis firewall ini di bagi ke dalam 8 bagian yang dapat kamu pelajari.

1. Cloud Firewall

Cloud Firewall atau Firewall as a Service (Faas) merupakan salah satu firewall yang di anggap prozy firewall, ini di karenakan cloud lebih sering di gunakan dalam pengaturan firewall proxy, meskipun proxy tidak harus ada pada firewall.

Adapun manfaat firewall ini yaitu sagat mudah untuk di tambahkan ataupun di kurangi. Jadi jika kebutuhan kamu banyak di server maka kamu bisa menambahkan peningkatannya. 

2. Hardware Firewall

Hardware Firewall ialah firewall yang memiliki fisik dan memiliki kinerja seperti router lalu lintas. Firewall seperti ini sangat unggul pada keamanan primer dan memastikan data jaringan yang masuk aman.

Namun terdapat juga kelemahan terhadap firewall yang berbasis perangkat keras yaitu mudah di serang oleh orang dalam dan juga kekuatan firewall perangkat keras memiliki kemampuan masing-masing, tergantung dari pabrik yang membuat. Jadi untuk menggunakan firewall ini pastikan kamu memilih perangka yang recomend.

3. Next Genertaion-Firewal

Dari nama nya kamu tentunya sudah megetahui jenis firewall ini, yaitu jenis firewall terbaru, adapun beberapa fitur terhadap firewall terbaru ini ialah adanya inspeksi paket data (memeriksa isi dari paket data), pemeriksaan handshake TCP, dan inspeksi paket tingkat-permukaan.  

4. Proxy Firewall

Proxy firewall atau irewall proksi beroperasi pada lapisan aplikasi untuk memfilter lalu lintas masuk antara jaringan kamu dan sumber lalu lintas. Karena itulah, namanya Application-Level Gateway.

Firewall ini dikirimkan melalui solusi berbasis cloud atau perangkat proxy lain. Tidak membiarkan lalu lintas terhubung secara langsung, firewall proksi terlebih dahulu membuat koneksi ke sumber lalu lintas dan memeriksa paket data yang masuk, jadi benar-benar tersaring dengan baik. Singkatnya, Proxy Firewall menciptakan lapisan pemisahan ekstra antara klien (sistem tempat paket data berasal) dan masing-masing perangkat di jaringan kamu.

5. Circuit Level 

Ini merupakan jenis firewall yang sederhana yang memiliki kinerja cepat dan mudah dalam menyetujui ataupun menolak lalu lintas tanpa menggunakan daya yang seignifikan.

Fungsi untamanya ialah emverifikasi Transmission Control Protocol (TCP). Pemeriksaan handshake TCP (proses pembuatan koneksi TCP) dirancang untuk memastikan bahwa sesi dari paket itu sah. Meskipun memiliki sumber daya yang rendah firewall jenis ini tidak akan memeriksa packet yang keluar masuk .

6. Packet-Filtering Firewall

Firewall jenis ini bekerja seusai dengan setingan yang telah di atur pengguna, sehingga mensortir paket yang bisa masuk ataupun yang tidak dapat masuk. 

Jika terdapat IP, TCP/IP atau packet yang masuk dan tidak di kenal maka akan mudah di blokir oleh firewall ini. Cara kerja firewall ini ialah memeriksa paket data yang berseliweran di traffic router atau traffic switch.

Kelebihan Packet-Filtering Firewall adalah, tidak membutuhkan sumber daya yang banyak, yang berarti tidak berdampak besar pada kinerja komputer kamu. Kekurangannya, firewall ini kurang akurat dibandingkan firewall kekinian yang teknologinya sudah pasti lebih canggih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url