6 Tools yang Wajib di Pelajari Oleh Pengiat Ceyber Security

tools untuk belajar ceyber security

 


10 Tools yang Wajib di Pelajari Oleh Pengiat Ceyber Security - Kali linux merupakan linux yang berbeasis debian, di rancang untuk menganalisa jaringan, atau lebih rincinya ialah mereka yang beraktifitas di dunia ceyber dan analisis ceyber security.

Jika kamu ingin terjun di dunia ceyber, setidaknya ada beberapa tools yang dapat kamu pelajari untuk memperkuat skillmu di bidang ceyber. Berikut penjelasannya.

1. Wireshark

hidayatcode.com


Tools yang pertama ialah wireshark, tools yang di rancang untuk menganalisa packaet yang di kirim melalui jaringan internet, tools ini tentunya open surch sehingga kamu dapat menggunakannya di berbagai sistem operasi. 

Wireshark di gunakan untuk menganalisa setiap paket yang di kirim melalui jaringan internet, paket yang biasa data oleh wireshark ialah IP Addres sumber dan tujuan, protokol yang di gunakan, dan juga beberapa header. Wireshark juga dapat membedakan paket data menjadi frame dan segmen yang memeberikan informasi terperinci mengenai bit dan byte dalam sebuah paket.


2. Brupsuite

hidayatcode.com

Aplikasi selanjutnya ialah brupsuite, aplikasi keamanan yang di fungsikan untuk menguji keamanan pada website. Aplikasi ini di fungsikan sebagai proxy, jadi setiap paket yang melewati melalui browser akan di saring melewati proxy tersebut. Lalu pada ketika permintaan melewati rangkaian brup, kamu dapat mengubah permintaan tersebut sesuai dengan yang kamu inginkan untuk menguji kerentanan seperti XSS atau SQLI.


3. Ncat

hidayatcode.com

Jika kamu pernah menggunakan Netcut, jika di linux aplikasi ini bernama Ncat  yang di fungsikan untuk merekam data pada koeksi TCP dan UDP. Ncat bekerja sebagai backend dan juga dapat di gunakan sebagai soket domain UNIX untuk membuka koneksi jarak jauh dan masih banyak lagi fungsi dari tools ini.


4. Jhon The Ripper

hidayatcode.com


Jika kamu ingin memecahkan sandi menggunakan linux, kamu dapat mencoba tools jhon the ripper, serang yang di berikan dengan metode daftar khusus. Selai itu tools ini dapat di gunakan untuk memecahkan password hash atau kata sandi pada file zip dan juga pada file yang telah terkunci.

5. Metasploit

hidayatcode.com

Aplikasi yang di rancang oleh Teknologi Rapid 7 yang di fugsikan untuk melakuka pentesing. Dengan menggunakan metasploit kamu dapat menggunakan payload dan megirimkannya ke komputer atau server target.

Di metasploit juga terdapat modelu backconect dan juga port scaning, selain itu kamu juga dapat menambahkan modul yang kamu milliki ke dalam metasploit.


6. Nikto 

 
hidayatcode.com

Aplikasi port scaner selanjutnya yang dapat kamu coba yaitu nikto, tools ini juga open sourch sehingga kamu dapat melakukan scanning pad webserver. Port scanning yang dapat di lakukan ialah outdate software dan juga kesalah konfigurasi.

Selai itu nikto juga di lengkapi dengan plugin IDS, sehingga kamu dapat melakukan scanning mode stealth sehingga ketika kamu melakukan scanning tentunya tidak dapat di deteksi oleh firewall yang mungkin saja telah terpasang di web target .

Kamu dapat mencoba Nmap untuk melkaukan footprinting pada satu jaringan